Friday, July 3, 2015

Batik Motif Hijaiyah Untuk Busana Lebaran

tokobatikmas.com

Tak hanya baju koko ataupun baju muslim untuk busana Lebaran, batik pun sekarang bisa digunakan untuk perpaduan busana lebaran salah satunya batik motif huruf hijaiyah. Huruf hijaiyah tersebut dikombinasikan dengan motif lainnya sehingga menciptakan keserasian. Batik motif huruf hijaiyah tersebut hanya diproduksi di sanggar batik Sri Asih yang dikelola oleh Suswahyuni warga Jalan Plamongan Sari V RT 03/RW 09 Semarang.
Suswahyuni menceritakan awal mula dirinya mempunyai ide membuat batik bermotif hijaiyah. Karena ia tinggal di Plamongan Indah yang identik dengan daerah religi dan banyak pondok pesantren dan madrasah sehingga ingin mengangkat kekayaan alam yang lain dari yang lain. Hingga saat ini sudah diproduksi sekitar 150 motif huruf hijaiyah yang dikombinasikan dengan motif lainnya. “Namun banyak yang pro dan kontra pemakaian huruf hijaiyah di pakaian karena ketakutan memakai jika harus masuk kamar mandi dan sebagainya,”.
Untuk itu Suswahyuni sudah berkonsultasi kepada MUI dan ulama terkait pemakaian huruf hijaiyah dipakaian. Menurutnya yang tidak boleh digunakan adalah ayat-ayat yang ada di Alquran. “Kalau hanya huruf hijaiyah tidak apa-apa dan pemahaman umat muslim banyak yang belum tahu dan tugas saya yang mensosialisasikan bahwa ini hanya huruf buka ayat Alquran,” jelasnya.
Untuk Ramadhan kali ini Suswahyuni sedikit kecewa karena mengalami penurunan 25 persen dari tahun-tahun sebelumnya. Tetapi pihaknya menilai hal tersebut bebarengan dengan pendaftaran sekolah. “Banyak orangtua yang memilih memasukkan sekolah anaknya dari pada membeli pakaian, bahkan tahun-tahun sebelumnya bisa sampai 50 persen lebih pesanannya,”.
Wilayah pemasarannya pun sudah hampir ke semua propinsi di Indonesia dan merambah ke luar negeri juga seperti Tiongkok, Hongkong dan Macau. Untuk harga dipatok mulai Rp 100.000 sampai Rp 17 juta. “



No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style