Friday, October 2, 2015

Meningkatkan Pamor Batik

tokobatikmas.com

Hari Batik Nasional yang ditetapkan tiap 2 Oktober kembali diperingati dan dirayakan. Yayasan Batik Indonesia merayakan dengan berbagai perhelatan, yakni acara puncak peringatan Hari Batik Nasional 2015 di Museum Tekstil Jakarta, pameran batik di plaza Kementerian Perindustrian, dan Batik Fashion Week. Perayaan Hari Batik Nasional ini diharapkan meningkatkan pamor batik secara luas sehingga siapa pun bangga mengenakannya.
Puncak Hari Batik Nasional, Jumat pagi ini, sekaligus membuka Batik Fashion Week 2015 yang digelar di Gandaria City hingga 4 Oktober 2015. Hadir dalam acara ini Menteri Perindustrian ?Saleh Husin, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dan Ketua Umum Yayasan Batik Indonesia (YBI) Jultin Ginandjar Kartasasmita, serta semua pengurus dan pendiri YBI. Ibu Negara Iriana Joko Widodo berhalangan hadir.
Ketua Panitia Perayaan Hari Batik Nasional yang juga Sekjen YBI Ine Hakim Tohir me?ngatakan, batik saat ini sudah populer di berbagai kalangan termasuk anak muda. Karena itu, perayaan Hari Batik bukan hanya sebuah kegiatan seremonial, melainkan juga sebuah gerakan moral, termasuk acara Batik Fashion Week.
Saleh Husin menuturkan, saat ini ?kementerian terus meningkatkan pamor batik serta kesejahteraan perajin batik melalui program-program di Dirjen Usaha Kecil dan Menengah. Kementerian Perindustrian juga sedang menyusun Rancangan Standar Nasional Indonesia (RSNI) tentang batik tulis, batik cap, dan batik kombinasi.
"Kami mengapresiasi Yayasan Batik Indonesia yang terus berkarya untuk mengembangkan batik Indonesia.? Kita bersama harus membudayakan dan melestarikan batik. Caranya kita terus memakai batik. Dengan demikian, pendapatan perajin meningkat dan kesejahteraan lebih baik. Saya juga hampir setiap hari memakai batik,". 
Gagasan Pekan Mode Batik diinisiasi anak-anak muda yang merasa sering "mati gaya" saat memakai batik, gagap untuk memakainya sebagai busana sehari-hari. Dalam pikirannya, batik hanya cocok untuk acara formal dan dikenakan orang tua. Padahal, dengan padu padan yang tepat, batik bisa menjadi busana yang chic, edgy, atau kasual.
"Kami ingin memopulerkan batik sebagai busana ready to wear, stylish,fashionable, dan dikenakan siapa saja dari berbagai usia, terutama anak muda Indonesia," kata Ine. ? Pemopuleran batik harus dilakukan sebagai upaya merawat batik yang telah ditetapkan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) sebagai warisan dunia tak benda, 29 September 2009, di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.
Pekan Mode Batik 2015 menghadirkan beragam koleksi batik karya 22 perancang busana Indonesia. ?Temanya "Batik Fashion Festivity". Selain Adrian Gan, Didi Budiardjo, dan Denny Wirawan, desainer dan brand yang tampil antara lain Priyo Oktaviano, Jeffrey Tan, Chossy Latu, Ivan Gunawan, Danar Hadi, Parang Kencana, NES, [bi], dan Barli Asmara.

Ekspresikan kebanggaan
Tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Wujud kebanggaan atas warisan dunia tak benda itu diekspresikan dengan mengenakan batik.
Para karyawan di sejumlah perkantoran memakai batik pada hari ini. Kebersamaan dan kebanggaan dalam memakai batik mereka tunjukkan di linimasa media sosial seperti Twitter.
Frasa "Selamat Hari Batik Nasional" sempat menduduki peringkat pertamatrending topic Twitter di Indonesia. Ini menjadi cerminan relatif besarnya perhatian publik.
Lonjakan penggunaan frasa tersebut selama satu jam terakhir sebelum pukul 10.58 WIB, Jumat, menjadi bukti. Layanan aplikasi Topsy mencatat, selama periode tersebut terdapat 5.047 kali "Selamat Hari Batik Nasional" dicuitkan.
Kicauan itu terutama berisi konten seputar kegembiraan dan kebanggaan terkait batik. Pengguna akun @iin_orchid menulis: "Dibuat dengan hati,, dipakai dengan cinta... Selamat hari batik nasional.
Sebagian lain menyoroti kebiasaan sebagian orang untuk memakai batik secara bersamaan. Ini dilakukan Mila A Pohan dengan akun @milapohan: "oh selamat hari Batik Nasional! pasti lagi pd kompakan pk batik di kantor yaaa? 
Adapun pemakai akun @bbbzone menyebutkan: "Selamat Hari Batik Nasional ??? semoga kita sebagai generasi muda senantiasa menggunakan produk dalam negeri".

tokobatikmas.com              

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style