Monday, November 28, 2016

Peserta Didik Ujung Tombak Pelestarian Batik





Keberadaan peserta didik yang jumlahnya cukup banyak, dinilai dapat dijadikan sebagai ujung tombak dalam pelestarian seni batik tradisional. Dengan jumlah yang banyak, mereka diyakini dapat menjadi generasi penerus bagi para perajin batik yang saat ini jumlahnya terus berkurang. Guru mata pelajaran seni batik SMA 1 Sokaraja, Heru Santoso, mengatakan supaya mereka dapat melestarikan seni batik, maka mereka perlu memiliki keterampilan di bidang seni tersebut. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan bekal keterampilan kepada mereka.
”Mereka memiliki peran yang cukup penting sebagai generasi penerus perajin batik. Apalagi usia mereka masih sangat produktif dan panjang, sehingga sangat tepat bila mereka dijadikan sasaran dalam mendapatkan pelatihan membatik,” terangnya.
Pada dasarnya upaya untuk memberikan bekal keterampilan dapat dilakukan oleh seluruh sekolah kepada peserta didik dengan melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah. Sekolah bisa menjadikan seni kerajinan batik sebagai bagian dari materi muatan lokal atau bagian dari kegiatan ekstrakurikuler. Dengan memberikan bekal keterampilan melalui kegiatan pelatihan kepada generasi muda, khususnya kalangan peserta didik sejak dini, diharapkan keberadaan seni kerajinan batik, khususnya batik Banyumas dapat terjaga dari ancaman kepunahan. Selain itu, upaya regenerasi perajin batik juga dapat berjalan.
Kendati demikian, proses regenerasi tidak mudah dan membutuhkan waktu yang lama. ”Regenerasi perajin batik tidak terjadi dalam jangka waktu sebulan atau dua bulan, tetapi butuh waktu tahunan. Ini menjadi tantangan tersendiri,” terangnya.
Heru menambahkan, upaya untuk melestarikan seni batik dengan menggelar kegiatan pemberian bekal pelatihan bagi generasi muda, sebenarnya sudah dilakukan oleh sejumlah sekolah di Kabupaten Banyuams, di antaranya SMA 1 Sokaraja.





FB : Griya Batik Mas
Intagram : @tokobatikmas, @kainbatikmas, @batiktulismas
Pinterest : Griya Batik Mas

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style