Wednesday, October 22, 2014

Branding Pekalongan Lebih Baik dari Yogyakarta



Penatapan Yogyakarta sebagai Kota Batik Dunia atau  Badan Kerajinan Dunia atau The World’s Batik City oleh World Craft Council (WCC) yang penobatanya dilakukan di Zhejiang, Tiongkok, rupanya mendapat perhatian dari Walikota Pekalongan HM Basyir Ahmad. Wajar saja, mengingat jauh-jauh hari Kota Pekalongan telah mendeklarasikan diri sebagi World’s City of Batik.
Tidak hanya itu, di Pekalongan juga terdapat beberapa ikon yang menegaskan klaim tersebut, sebut saja Museum Batik Nasional dan acara tahunan Pekan Batik Nusantara dan Pekan Batik International. Disisi lain, industri batik juga menggerakkan lebih dari 1000 keluarga untuk bertahan hidup. Industri ini sendiri sudah ada turun temurun dari generasi ke generasi.
Meski demikian, Walikota Pekalongan, HM Basyir Ahmad mengatakan bahwa penetapan tersebut tidak menjadi masalah. Justru menurutnya Pekalongan dan Yogyakarta Bisa maju bersama sebagai Kota Batik. Namun walikota yang masa jabatannya berakhir pada tahun 2015 itu mengklaim bahwa branding Kota Pekalongan masih lebih baik dari Kota Yogyakarta.
“Tidak apa-apa Kota Yogyakarta menjadi Kota Batik. yang penting kita bisa maju bersama, yang baik dari jogja bisa kita ambil begitupun sebaliknya. Namun kita semua tahu branding Kota Pekalongan masih lebih baik dari Kota Yogyakarta sebagai Kota Batik, hal ini dikarenakan Image Pekalongan sebagai Kota Batik sudah sangat kuat,”.
Namun memang, menurut Basyir, asal sejarah batik di Pekalongan juga tidak terlepas dari Batik Yogyakarta dan solo, sehingga penetapan Kota Yogyakarta sebagai World’s City of Batik akan didukung.
“Pengalaman-pengalaman Kota Yogyakarta sebagai Kota batik akan kami ambil untuk kemajuan, namun semua tahu Kota Batik Dunia di Indonesia itu adalah Kota Pekalongan,”tegas Basyir.
Sebelumnya, Badan Kerajinan Dunia atau World Craft Council (WCC) menobatkan Yogyakarta sebagai The World’s Batik City. Seperti diberitakan ANTARA. Pada perayaan ulang tahun WCC ke-50 yang digelar 18-24 Oktober 2014 di Zhejiang, Tiongkok tersebut Yogyakarta terpilih menjadi Kota Batik Dunia setelah dinominasikan pada Agustus silam.
Badan Kerajinan Dunia atau World Craft Council (WCC) adalah  lembaga non-profit yang didirikan tahun 1964 yang memiliki perhatian untuk mempromosikan dan memperkuat kedudukan karya-karya kerajinan dan budaya khas dari berbagai negara.
Badan Kerajinan Dunia yang berkedudukan di Beijing, Tiongkok juga memiliki perhatian untuk member masukan dan mendorong pengembangan hasil budaya dan kerajinan melalui inovasi teknologi untuk memperluas pasar.

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style