Monday, October 6, 2014

Pertunjukkan Seni Tiga Etnis Meriahkan PBN

Pertunjukkan Seni Tiga Etnis Meriahkan PBN


Pertunjukkan seni yang akan melibatkan tiga etnis berbeda. Masing-masing etnis Jawa, Arab dan Tionghoa akan memeriahkan rangkaian acara Pekan Batik Nusantara pada Rabu mendatang. Rencananya, pertunjukan seni oleh tiga etnis tersebut akan menampilkan Tari Kidang Kencana, dan Tari Garuda Jetayu sekaligus dipadukan dengan kisah dan tari Ramayana yang ditampilkan sebagai background diiringi oleh alunan khas Jawa yaitu gamelan. Penampilan seni tiga etnis itu ditampilkan oleh Paguyuban Seni Budaya Jawa, Rahayu Raras, berkolaborasi dengan Paguyuban Seni Karawitan Ibu Pertiwi. “Kami targetkan enam kali latihan, ini tinggal dua kali lagi untuk menyempurnakan. Semoga kami bisa menampilkan yang terbaik,” tutur Ketua Paguyuban Rahayu Raras.
Bersatunya tiga etnis yang ada di Kota Pekalongan dalam satu panggung seni, bukan kali ini saja terjadi. Dikatakan Karya Budiman, mereka sudah sering tampil dalam berbagai event terutama yang digelar Pemkot Pekalongan. Dalam PBN nanti, mereka dijadwalkan tampil pada hari pertama atau Rabu malam.
Uniknya lagi, seluruh pemain yang akan tampil dalam pertunjukkan tiga etnis itu, hampir seluruhnya bukan merupakan pelaku seni. Mereka justru terdiri dari masyarakat biasa yang mempunyai beragam profesi. Meski begitu, hampir seluruhnya mempunyai semangat tinggi untuk menampilkan yang terbaik. “Kendalanya mereka tidak ada dasar seni sama sekali, jadi berlatih dari nol. Makanya kami berlatih sesering mungkin. Sesekali, kami juga mengundang pelatih khusus dari Solo. Kami juga didukung penuh oleh Pemkot Pekalonmgan karena tujuan kami satu, bersama untuk nguri-nguri budaya daerah. Sehingga kami berharap masyarakat bisa ikut menyaksikan pertunjukkan ini dan bersama untuk nguri-nguri budaya kita,” ucap pria yang juga anggota DPRD Kota Pekalongan tersebut. Sementara itu, Kabid Pariwisata pada Dishubparbud, Sigit Mursito menambahkan, selain pertunjukkan seni tiga etnis, dalam PBN nanti juga akan tampil puluhan pertunjukkan seni lainnya seperti tari sufi, tari kreasi dari siswa SMP Kota Pekalongan, tari bambangan cakil, karoncongan dan pertunjukkan lain.
Tak hanya dari Kota Pekalongan saja, sejumlah daerah juga sudah mendaftarkan diri untuk ikut menampilkan keseniannya selama gelaran PBN mendatang. “Untuk pertunjukkan seni tiga etnis ini, dijadwalkan tampil di hari pertama pada malam harinya. Setelah siang pembukaan, malam hari akan ada pertunjukkan seni yang salah satunya diisi oleh penampilan seni tiga etnis ini,” tuturnya.
Dalam PBN, dikatakan Sigit, pihaknya memang selalu memberikan kesempatan kepada pelaku seni, khususnya dalam kota, untuk ikut menampilkan aksi dan kreasinya. Selain demi memeriahkan event PBN, pertunjukkan seni tersebut juga sebagai upaya untuk melestarikan berbagai seni dan budaya lokal.

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style