Tuesday, January 31, 2017

Kota Santri Layak Jadi The Legend of Batik






Pagelaran Tutur Batik yang diprakarsai Pemkab Pekalongan, Dekranasda, bersama Yayasan Tutur Batik menmateri kesan mendalam bagi penikmat seni dan pencinta batik di Kota Santri. Pentas seni yang diperankan para seniman Jakarta dan Kabupaten Pekalongan itu tak hanya memantik kagum pengunjung. Namun di balik pementasan itu muncul sebuah penilaian, Kabupaten Pekalongan layak menjadi The Legend of Batik. Dari pergelaran batik yang dinarasikan melalui karya seni teatrikal dan sendratari mengusung cerita tentang batik di Kota Santri. Bahkan, sejarah batik di Kabupaten Pekalongan juga tergambar dalam pementasan tersebut. Tak heran kemudian, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menilai Kota Santri layak menjadi The Legend of Batik.

Acara malam tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengangkat harkat dan nilai batik di Kabupaten Pekalongan. Bupati juga menyatakan akan mengkolaborasikan batik dengan kekayaan hutan Petungkriyono, sehingga pihaknya nanti akan mengeksplorasi warna alam untuk menghasilkan batik warna alam sebagai kebutuhan dunia. Acara pementasan tersebut sangat strategis dalam mengusung cerita-cerita potensi daerah dan memperkenalkannya kepada masyarakat luas, karena acara dikemas dengan musikal teatrikal serta karya seni tari. Dengan begitu selain dapat menghibur, juga memiliki cerita-cerita menarik mengenai sejarah daerah dalam hal ini Kota Santri. 
Sementara itu Pembina Komunitas Tutur Batik, Prof Dr Bambang Sutejo didampingi Abdul Karim SuĂ­udi dari Komunitas Tutur Batik menambahkan, pagelaran perdana tersebut bukan pementasan terakhir dari Tutur Batik untuk Kabupaten Pekalongan. Namun, masih perlu dilanjutkan dalam rangka menggiatkan tutur batik. Sebab, batik dari Kabupaten Pekalongan dan sekitarnya memiliki nilai. Pagelaran Perdana Tutur Batik dengan konseptor Rizaldi Siagian didukung Deddy Luthan Dance Company Jakarta pimpinan Elly D Luthan, Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Pekalongan serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pekalongan. Diharapkan pagelaran tersebut dapat menginspirasi para seniman di Kota Santri untuk berkarya yang mempunyai nilai seni tinggi.








FB : Griya Batik Mas
Intagram : @tokobatikmas, @kainbatikmas, @batiktulismas
Pinterest : Griya Batik Mas

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style