Saturday, January 28, 2017

UNESCO DAMPINGI 2 KELOMPOK PEREMPUAN PENGRAJIN BATIK







Dua kelompok perempuan pengarajin batik di Dusun Ngaran Desa Borobudur dan Dusun Barepan Desa Wanurejo menerima pendampingan dari UNESCO Jakarta selama beberapa tahun terakhir. Upaya tersebut sebagai salah satu program pemberdayaan masyarakat disekitar Candi  Borobudur melalui pengembangan usaha bagi komunitas lokal yang bergerak di bidang industri kreatif.
Kepala unit Kebudayaan UNESCO Jakarta, Mr. Bernards Alens Zako mengatakan, pihaknya juga melatih anggota kelompok tersebut untuk membuat batik tulis bermotifkan relief Candi Borobudur, Mendut dan Pawon. Sejak diberikan pembinaan dan pelatihan, kelompok perajin batik tersebut saat telah bisa memasarkan hasilnya baik secara konvensional maupun online.
Dia menyebutkan, dua batik yang sudah dihasilkan oleh kedua kelompok tersebut yakni Batik Borobudur dan Batik Wanurejo. Sementara itu ketua Batik Borobudur Deny Rahayu Ningsih menyampaikan, kelompoknya kini telah memiliki showroom dan bisa menghasilkan batik.
Kepala Desa Borobudur, Suherman mengaku bangga atas bimbingan yang diberikan, mengingat dulunya dari tidak ada apa-apa sekarang telah memiliki showroom



FB : Griya Batik Mas
Intagram : @tokobatikmas, @kainbatikmas, @batiktulismas
Pinterest : Griya Batik Mas

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style