Saturday, August 15, 2015

Pelajar Korea Tertarik Membatik

tokobatikmas.com

Sebanyak 10 orang siswa setingkat SMP dan SMA beserta tiga orang pendamping dari Korea Selatan, datang ke Kabupaten Kendal. Mereka mempelajari kebudayaan-kebudayaan Indonesia, khususnya kebudayaan Jawa dari Kendal. Salah satu hal yang mereka pelajari yakni membatik, dimana para siswa tersebut sangat tertarik dengan batik yang ditampilkan para perajin batik dari Kabupaten Kendal.
Salah seorang siswa Korea, Hwang Min Jin, mengatakan, dirinya baru pertama kali ini berkunjung ke Indonesia. Menurutnya, kunjungan ini sangat menarik karena dirinya bisa bertemu dengan teman-teman lain dari Indonesia yang sebaya dengannya. “Batik sangat cantik. Kami juga memiliki kerajinan yang mirip dengan batik, hanya saja, disana kerajinannya menggunakan cap dan printing,” katanya, dengan dibantu penerjemah asal LPK Jinju, Asmuni.
Kegiatan kunjungan itu sendiri merupakan kerjasama antara LPK Jinju dari Jambearum Kendal dengan Sacheon Multicultural Center (SMC), yang merupakan Pusat Kebudayaan Korea. Rencananya kegiatan akan dilangsungkan selama tiga hari di Kabupaten Kendal, dari 11 hingga 13 Agustus. Ini merupakan kuunjungan yang ketiga kalinya, dimana pada kunjungan sebelumnya, para pelajar dari Korea pernah mempelajari cara menjadi pengantin ala Jawa.
Pada kesempatan lain, Pemimpin Rombongan dari SMC, Lee Jeongki, mengungkapkan, kegiatan ini akan dilangsungkan setiap tahunnya, dalam rangka kegiatan pertukaran kebudayaan antara Indonesia dengan Korea.
“Kami telah melakkan MoU dengan Disdik Kendal tentang kegiatan pertukaran budaya ini. Rencananya nanti juga akan mendirikan Pusat Informasi Korea-Indonesia. Walaupun terkesan lambat dan lama, namun jalinan hubungan ini pasti akan berlangsung dengan pasti,”

tokobatikmas.com

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style