Sunday, August 2, 2015

Pesona Pekalongan Makin Mendunia

tokobatikmas.com

Karya batik Pekalongan yang dipamerkan dalam event Pekan Batik Pekalongan di Gedung GOR Jetayu, ternyata mengundang ketertarikan turis asing untuk melihatnya.
Salah satunya Mr Franc, warga Perancis yang sengaja datang dari negara asalnya untuk melihat batik-batik asal Pekalongan, maupun kuliner yang dijual di sekitar bundara kawasan Jetayu pada Jumat sore.
Kepada Mr Franc mengaku kagum dengan karya batik Pekalongan. Selain bagus produknya, ternyata dibalik pembuatannya mengandung filosofi yang dalam. “Ini sungguh luar biasa,” jawabnya.
Maka pantas saja ketika ditemui di depan pintu masuk ruang pameran, Mr Franc menenteng tas yang berisi kain batik Pekalongan.
Salah satu pemilik stand, Abdul Ghofur menyebut, batik pekalongan sudah mendunia. Artinya batik pekalongan sudah dikenal masyarakat Internasional, lantaran Pemkot Pekalongan dibawah kepemimpinan Walikota dr HM Basyir Ahmad sering menyelenggakan Pekan Batik Internasional maupun Pekan Batik Nusantara. “Kami melihat ini potensi bagi kita semua (warga Pekalongan,red) untuk memasarkan batik ke luar negeri,”.
Sementara itu, Walikota dr HM Basyir Ahmad menyampaikan, pagelaran Pekan Batik Pekalongan 2015 sukses membranding Kota Pekalongan sebagai pusat batik dunia. “Buktinya wisatawan, baik lokal maupun luar negeri datang Pekalongan. Mereka bisa mengetahui batik-batik secara langsung, bisa berbelanja batik di stand-stand yang digelar Pemkot, mulai BUMN sampai UKM, serta menikmati pergelaran acara pelestarian budaya batik dari leluhur Indonesia,”.
Tak hanya itu, Basyir mengaku kegiatan itu juga digelar untuk memperkuat pengakuan UNESCO yang memosisikan batik sebagai warisan budaya tak benda asli Indonesia. “Sehingga setelah mendapat pengakuan demikian, harus diperkuat dengan upaya pelestarian serta mempopulerkan batik kepada masyarakat,”

tokobatikmas.com

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style