Saturday, June 13, 2015

Belajar Membatik, Peserta Mas dan Mbak Diajak Keliling Kenep

tokobatikmas.com

Tidak hanya belajar cara membatik dan mengenal jenis batik, peserta pemilihan Mas dan Mbak Sukoharjo 2015, diajak berkeliling di Desa Wisata Kreatif Kenep, Kecamatan Sukoharjo.
Sekretaris Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kenep, Agus Samiyono menerangkan, peserta mendapat kesempatan untuk mengenal desa yang ditetapkan menjadi kawasan wisata unggulan di Kota Makmur.
Di antaranya ke industri batik, pembuatan karak atau rambak, argowisata, industri jenang dan masjid tertua di Kota Makmur, Darussalam yang menjadi tempat perjuangan pejuang Kemerdekaan RI. “Mereka pun terlihat menikmati saat belajar membatik,”.
Dikatakan Agus, selama ini Desa Kenep menjadi tujuan wisata. Tidak hanya bagi wisatawan lokal, tetapi luar negeri. Dengan pembangunan infrastruktur jalan (betonisasi, red) di kawasan tersebut yang tengah dilakukan Pemprov Jawa Tengah, diharapkan terus mengangkat pariwisata di Desa Kenep.
Selama ini, wisatawan pun tidak hanya bisa menikmati industri kreatif, wisata sejarah dan argowisata. “Juga terdapat lokasi outbond. Peserta kami ajak, biar melihat potensi desa,”.
Dia menambahkan, peserta juga mendapatkan sajian kesenian dari siswa SD Negeri 1,2 dan 3 Kenep. Anak anak SD itu, menampilkan karawitan yang diiringi gending Kodok Ngorek dan tari-tarian Jawa yang cukup memanjakan mata.
Sebagai bentuk penghormatan pada peserta yang melakukan kegiatan di Desa Kenep, juga disematkan selendang batik khas oleh Lurah Kenep, Sugiyatno. “Kesenian Jawa kami sengaja tampilkan melalui kreasi anak-anak SD, biar lebih mengena,” aku dia.
Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Suramto dalam sambutannya mengungkapkan, peserta diharapkan bisa mengambil nilai positif dari kunjungan ke desa-desa. Di antaranya dalam masalah pelestarian kekayaan budaya Jawa, seperti membatik. Nantinya, setelah benar-benar terjun dalam masyarakat, Duta Wisata 2015 harus bisa memasarkan dan mempopulerkan wisata di Kota Makmur. “Mereka belajar hulu, kemudian selanjutnya mereka harus mempraktekkan,”

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style