Thursday, September 1, 2016

Kadin Jawa Tengah Gelar Batik Craftvaganza




Untuk memberikan peluang kepada Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) masuk dalam pasar modern dan meningkatkan penjualan, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Tengah menggelar Pameran Batik Craftvaganza di Paragon Mal. Menurut Koordinator Pelaksana Pameran Sri Gendari Agustini, kegiatan yang rutin digelar setiap tahun ini pesertanya memiliki kreativitas yang tinggi.
“Peserta dari UMKM dan kami amati setiap tahun selalu kreatif. Beberapa membuat model dengan memakai desainer terkenal sehingga selalu diminati pengunjung dan memiliki segmen pelanggan tersendiri,” kata perempuan yang akrab disapa Ndari saat ditemui di area pameran, Rabu (31/8).
Pameran Batik Craftvaganza yang diselenggarakan untuk kali keempat, diikuti UMKM dari seluruh Nusantara. Peserta terbanyak dari eks Karesidenan Surakarta, ada juga dari Jepara, Cirebon, Surabaya dan NTT.
Produk batik yang sudah diakui Unesco sebagai warisan dunia ini berkembang sangat pesat dan setiap UMKM menampilkan yang lebih kreatif. Tetapi biasanya mereka sulit masuk ke pasar modern seperti halnya Mal dan Kadin memfasilitasi mereka. Harapannnya lebih banyak memberi tempat UMKM ke pasar modern dan meningkatkan penjualan.
Dengan kegiatan semacam ini mereka juga semakin senang mengikuti pameran sehingga aktivitas ekonomi meningkat. Terlebih UMKM telah menjadi tumpuan ekonomi mengurangi pengangguran dan meningkatkan perekonomian. UMKM di Jawa Tengah lebih besar dari daerah lainnya.
“Ada 52 stan yang berpartisipasi pada kali ini, sebenarnya banyak yang ingin berpartisipasi tetapi tempatnya terbatas. Tahun lalu hanya 48 stan saja,” tuturnya.
Kepala Bidang Komunikasi Bisnis Kadin Jawa Tengah itu menambahkan, pameran yang berlangsung dari 31 Agustus sampai dengan 4 September 2016 menargetkan nilai transaksi lebih dari Rp 2,5 miliar. Berkaca dari kegiatan sebelumnya yang hanya diikuti 48 stan maka penyelenggaraan tahun ini bisa meraih lebih besar nilai transaksinya.


FB : Griya Batik Mas, Instagram : tokobatikmas, kainbatikmas, batiktulismas

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style