Saturday, April 26, 2014

Arti Motif Batik Pilihan Pejabat

Para pejabat negara merupakan yang paling sering mengenakan busana dengan motif batik. Seperti apa batik yang dipilih dan makna di baliknya? Presenter sekaligus pendiri brand busana Tik Shirt, Iwet Ramadhan memaparkannya untuk Anda. Bawah, Susilo Bambang Yudhoyono, saat menerima kunjungan delegasi Australia and New Zealand Banking Group Limited pada Selasa (29/5/2012), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengenakan kemeja batik. Menurut Iwet, “(Ia) menggunakan batik kontemporer bermotif bunga salju dengan lining megamendung. Kurang lebih arti batik itu adalah harapan,” jelas Iwet
 Susilo Bambang Yudhoyono

Ibu Negara Ani Yudhoyono membuka Festival Raya Lele Nusantara di Parkir Timur Senayan. Ketika itu ia memakai batik asal Cirebon. “Itu batik pesisiran motif sulur dengan tumpal lereng buketan,”
 
Ani Yudhoyono

Menteri Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengenakan kemeja batik saat meninjau stand pelatihan wirausaha maju bersama PAN (Mapan) di Jakarta. “Menggunakan batik klasik sulur gerdo yang sudah di modiikasi dengan pewarnaan biru indigo pesisiran. Batik ini masuk dalam kategori batik klasik Jogja- Solo.”


Hatta Rajasa

Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu menggunakan batik motif parang yang merupakan simbol kewibawaan. Ia memadukannya dengan lining batik klenengan Pekalongan dan motif klasik batik pedalaman Jogja serta Solo.

Marie Elka Pangestu

Direktur Bank Dunia Sri Mulyani Indrawati kembali mengunjungi Jakarta. Ia menggunakan batik klasik pedalaman Solo dengan motif ceplokan gerdo dan truntum. “Ini simbol cinta dan kekuasaan. Kalau diartikan seperti memimpin dengan penuh cinta.

 Sri Mulyani

Gita Wirjawan menutup pameran perdagangan terbesar dalam negeri, Trade Expo Indonesia 2011 di Jakarta. Ia mengenakan batik tambal pamilutto. “Batik yang dipercaya dapat memikat orang-orang yang ada di sekitarnya. Berasal dari Solo,”
 Gita Wirjawan

Gubernur DKI Jakarta terpilih, Joko Widodo, menyambangi Gedung DPR pada Jumat (5/10/2012). Menurut Iwet, “Ia menggunakan batik klasik rujak sinthe asal Surakarta. Makna batik itu adalah sumber rejeki.”
Joko Widodo (Jokowi)

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meresmikan pembukaan Jakarta Fashion Week di Plaza Senayan pada Sabtu (3/11/2012). Ahok memakai batik sekar jagad yang sudah dimodifikasi. Batik ini melambangkan keindahan dunia dan biasa dipakai oleh orang-orang ‘berilmu’. Seharusnya batik ini masuk kategori batik sogan berwarna coklat sogan. Namun dalam foto ini pak Ahok menggunakan warna yang cenderung lebih muda.
 Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Sumber dari wolipop 

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style