Friday, April 18, 2014

Disainer Indonesia yang Mengenalkan Batik ke Mancanegara

Saat ini batik tidak lagi hanya digunakan oleh kalangan orang tua, tetapi sudah dipakai oleh berbagai usia. Wajar bila batik menjadi semakin dicintai oleh masyarakat Indonesia dan dikenal di mancanegara, mengingat saat ini banyak sekali pengembangan dari warna dan motif batik itu sendiri. Motif dan warna batik menjadi amat bervariatif dan nampak di disain oleh tangan-tangan disainer yang kreatif pula.
Inilah 8 desainer Indonesia  yang pernah memperkenalkan batik ke berbagai mancanegara :
  1. Iwan Tirta. Setelah Iwan Tirta tiada, desainer Era Soekamto menjadi Creative Director terbaru Iwan Tirta Private Collection. Mei 2012 lalu, meramaikan acara Indonesian Night di Madrid, Barcelona dan Spanyol.
  2. Ghea Panggabean.  Salah seorang disainer yang terampil mengolah kain-kain dari berbagai pelosok negeri menjadi karya fashion yang menarik perhatian. 14 September 2013 lalu,  berhasil menggelar fashion show bertajuk Treasures of Indonesia: A Journey Into Indonesian Fashion, Art, and Culture di Milan, Italia.
  3. Carmanita. Seorang disainer yang sudah 20 tahun lebih menggeluti kain batik, Carmanita pernah memperkenalkan batik ke dunia internasional. Dan bukan hanya sekadar menggelar fashion show batik di luar negeri, tetapi rancangan batiknya juga menghiasi merek ban dan mobil dunia. Carmanita adalah salah satu pendiri Yayasan Batik.
  4. Almarhum Ramli. Mendedikasikan karirnya untuk mendesain batik. Hasil rancangannya sudah pernah ditampilkan di berbagai fashion show yang digelar di kota-kota dunia dalam rangka memperkenalkan dan mempromosikan budaya Indonesia. Sebelum wafat, Ramli sempat memamerkan batik di Hamburg, Jerman dan Den Haag, Belanda.
  5. Chossy Latu. Chossy pernah menjadi bagian dari desainer untuk rumah batik Iwan Tirta. Dan pernah disebut sebagai penerus maestro batik Indonesia itu. Dengan kepiawaiannya mendesain batik, Chossy berhasil membawa kain tradisional khas Indonesia itu ke dunia internasional.
  6. Danar Hadi. Batik Danar Hadi adalah salah satu brand besar di Indonesia dan mancanegara. Kini batik Danar Hadi telah diekspor ke berbagai negara seperti Amerika Serikat, Italia dan Jepang.
  7. Poppy Dharsono. Adalah salah seorang yang konsisten mengangkat batik dalam karyanya. Hingga saat ini karyanya sudah singgah di Singapura, Malaysia, China, Australia, Prancis dan Amerika Serikat.
  8. Edwart Hutabarat. 30 tahun berkarya di dunia fashion, Edward termasuk desainer yang konsisten mengolah batik. 
Sumber : womenoptimizer.ning.com

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style