Saturday, October 8, 2016

Meski Diguyur Hujan, Arak-arakan Batik Berlangsung Meriah




Pelaksanaan Arak-arakan Batik yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan berlangsung meriah, meskipun diguyur hujan, Sabtu (8/10). Para peserta maupun penonton tetap antusias mengikuti acara hingga selesai.
Di tengah guyuran hujan, warga Kota Pekalongan memadati sejumlah ruas jalan yang dilewati iring-iringan peserta Arak-arakan Batik. Dimulai dari Alun-alun Kota Pekalongan, peserta menyusuri Jalan Hayam-Jalan Pemuda-Jalan Imam Bonjol-Jalan Diponegoro dan berakhir di kawasan Jetayu.
Dalam Arak-arakan Batik tersebut, peserta menampilkan beragam kreasi batik dengan tema flora dan fauna. Misalnya angsa, mangrove dan kupu-kupu yang ditampilkan siswa-siswa dari SDN Kuripan Lor 01. Arak-arakan Batik terbagi menjadi lima kategori. SD, SMP, SMA, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan umum.
Arak-arakan Batik juga dimeriahkan dengan beragam kesenian. Di antaranya Tari Halong yang dimainkan siswa Kota Pekalongan, Tari Angguk Suko dari Kabupaten Boyolali, Team Hore Kradenan dan Kesenian Bambu Berisik. Pawai dibuka oleh Marching Band dari Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, dan ditutup juga dengan Marching Band SMK Medika. Artis Pong Harjatmo juga ikut memeriahkan pawai hari itu.
Ia berjanji, pada pelaksanaan tahun depan akan lebih meriah dan melibatkan warga Kota Pekalongan lebih banyak lagi. Dia berharap dengan rutin digelarnya pawai batik ini kecintaan masyarakat Pekalongan terhadap batik semakin meningkat.



FB : Griya Batik Mas, Instagram : tokobatikmas, kainbatikmas, batiktulismas

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style