Friday, August 5, 2016

Istri Anggota TNI AL Belajar Membatik




Istri anggota TNI AL yang tergabung dalam Jalasenastri, berkunjung ke Kota Pekalongan untuk belajar membatik. Selama dua hari mendatang, Jalasenastri mengunjungi museum batik dan sejumlah rumah produksi batik di Kota Pekalongan.
Kunjungan dari Jalasenastri, diterima langsung oleh Walikota Pekalongan HA Alf Arslan Djunaid didampingi istri Walikota yang juga Ketua TP PKK, Ratna Sofia. Juga hadir dalam penerimaan, Pj Sekda Kota Pekalongan, Slamet Prihantono, dan Kepala Dishubparbud Kota Pekalongan Doyo Budi Wibowo.
Sampai di Museum batik, ibu-ibu dari Jalasenastri nampak antusias belajar membatik yang dipandu oleh petugas museum. Tak ketinggalan, mereka juga sekaligus melihat dari dekat koleksi-koleksi batik disana.
Wakil Ketua Umum jalasenastri, Ana Sembiring menuturkan, kunjungan tersebut merupakan salah satu program kerja dari seksi kebudayaan Jalasenastri yang bertujuan untuk pembelajaran bagi anggota Jalasenastri tentang membatik. Karena menurutnya, batik adalah bagian dari perjalanan budaya masyarakat Indonesia pada umumnya, dan Pekalongan pada khususnya.
“Kami ibu ibu Kalasenastri ke Pekalongan tidak hanya berbelanja batik saja, tetapi kami disini teredukasi tentang batik di produksi dari budaya masyarakat,”.
Ana menambahkan, anak bangsa harus tahu dan menghargai budaya masyarakatnya, serta melestarikanya supaya budaya batik tidak punah di masa yang akan datang. “Anak bangsa sejak kecil mungkin kita kenalkan batik dari corak atau motinya dulu. Kemudian sampai menghargai prosesnya dan menghargai produknya dan sampai terdorong untuk melestarikanya,”.
Dia menyatakan, jangan sampai budaya asli Indonesia tersebut diambil bangsa lain, karena anak bangsa yang tidak pandai untuk mengahargai dan melestarikanya.
Sementara itu istri Walikota Pekalongan, yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pekalongan Ratna Sofia mengaku senang dengan kunjungan istri-istri Prajurit TNI AL tersebut.
Dengan kunjungan ini, Kota Pekalongan sekaligus dapat mengenalkan salah satu budaya, dan unggulannya dari mulai proses awal sampai akhir. “Senang sekali di kunjungi istri-istri prajurit TNI AL. Kami bisa mengenalkan batik dari proses awal sampai akhir,”.
Dia menambahkan, kunjungan Jalasenastri juga akan memberikan inspirasi bagi organisasi-organisasi wanita lain untuk dapat berkunjung ke Kota Pekalongan guna melihat koleksi batik, belajar membatik hingga berbelanja batik. Dampaknyam juga dapat ikut membangun perekonomian warga Kota Pekalongan. “Kita akan ajak organisasi-organisasi wanita untuk mampir ke pekalongan melihat batik,”


FB : Griya Batik Mas, Instagram : tokobatikams, kainbatikmas, batiktulismas

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style