Tuesday, April 21, 2015

17 Kostum wayang Red Batik Solo ikut meriahkan KAA di Bandung

tokobatikmas.com

Sebanyak 17 kostum kreatif Red Batik Solo bertemakan wayang akan memeriahkan peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung. Kostum kreatif kebanggaan wong Solo tersebut akan ditampilkan pada parade KAA, 25-26 April 2015 mendatang.
Inisiator Red Batik Solo, Heru Prasetyo mengatakan dari ke 17 kostum kreatif tokoh wayang yang akan ditampilkan antara lain, kostum Dewi Ratih, Dewi Asmara, Dewi Durga, Dewi Saraswati, Yudistira, Bima (Werkudara), Arjuna (Janaka), Nakula dan Sadewa serta sejumlah tokoh lainnya.
"Pemilihan tema wayang ini kita pilih karena tidak lepas dari Solo sebagai Kota Budaya. Sebagai warisan sejarah dan leluhur pada zaman dahulu, kami berharap wayang bisa dikenal di kalangan peserta KAA yang terdiri pimpinan dan pejabat tinggi negara di dunia,".
Heru menjelaskan, kostum yang akan ditampilkan dalam parade KAA nanti merupakan hasil karya masing-masing peserta. Kostum yang akan dikenakan dibuat dengan menggabungkan antara batik dengan unsur alam dan bahan-bahan dari pasar tradisional. Seperti sapu lidi, irus, tikar, kipas sate, kulit kayu, akar wangi dan lain-lain.
"Sumber inspirasi dalam pembuatan kostum kami adalah pasar tradisional. Harapan kami ini bisa mendekatkan generasi muda untuk mencintai pasar tradisional yang sudah mulai ditinggalkan,".
Heru menambahkan, undangan khusus yang diberikan kepada Red Batik dalam peringatan 60 tahun KAA, bukan karena presidennya berasal dari Solo. Namun, karena Red Batik mempunyai kelebihan dalam mempromosikan kebudayaan dan pariwisata Solo di tingkat internasional.
"kita diundang bukan karena itu. Ada 10 kota yang akan menampilkan kekayaan budaya yang dimiliki. Solo menampilkan Red Batik dengan kostum kreatif dari berbagai unsur,"

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style