Sunday, April 5, 2015

Bank Indonesia Beri Bantuan Studio Mini ke Museum Batik Pekalongan

tokobatikmas.com

Museum Batik Nasional di Kota Pekalongan mendapat bantuan untuk pengembangan dan pelestarian batik dari Bank Indonesia (BI).
Bantuan berupa studio mini dan peralatan multimedia senilai total Rp106 juta, diberikan sekaligus dalam rangkaian HUT Kota Pekalongan.
Kepala Museum Batik Nasional, Tanti Lusiani menjelaskan, studio mini tersebut nantinya untuk mendokumentasikan koleksi batik yang tersimpan di Museum Batik Nasional. “Koleksi batik yang ada di Museum Batik nantinya akan difoto di studio mini. Studio mini ini memang kami butuhkan. Nanti kami akan menyiapkan ruang khusus untuk studio mini,”terangnya usai penyerahan bantuan.
Rencananya, kata Tanti, ruang perpustakaan di Museum Batik Nasional nantinya akan dibuat untuk studio mini tersebut. “Sementara peralatan multimedia nantinya akan membantu para pengunjung mendapatkan informasi tentang koleksi batik yang tersimpan di Museum Batik Nasional. Hanya dengan sekali klik, pengunjung Museum Batik Nasional bisa melihat berbagai koleksi batik yang tersimpan di Museum Batik Nasional,”.
Menurut Tanti, saat ini Museum Batik Nasional memiliki koleksi batik sebanyak 1.210, baik kain dan non kain seperti pakaian. Peralatan multimedia tersebut, nantinya akan diletakkan di lobi Museum Batik Nasional.
Dengan adanya bantuan tersebut, diharapkan dapat mendongkrak jumlah pengunjung ke Museum Batik Nasional.
Sepanjang tahun 2014, jumlah pengunjung Museum Batik Nasional sebanyak 19.000 orang. “Dengan adanya bantuan tersebut, harapan kami semakin meningkatkan kunjungan wisawatan ke Museum Batik Nasional,”.
Selain bantuan berupa studi mini, Museum Batik Nasional juga mendapat tambahan koleksi batik setelah Deputi Gubernur Bank Indonesia Hendar dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Irman Gusman menyumbangkan kemeja batik ke Museum Batik Nasional. Kemeja batik yang disumbangkan Hendar adalah batik yang dipakainya saat melakukan uji kemampuan dan kelayakan (fit and proper test) calon deputi gubernur Bank Indonesia. “Pemberian bantuan ini sekaligus sumbangsih kami untuk HUT Kota Pekalongan. Kami harap dapat melengkapi koleksi Museum Batik,”.
Sedangkan batik yang disumbangkan Irman Gusman adalah batik yang dikenakannya saat pertama kali menjabat sebagai ketua DPD.
Batik sumbangan Hendar dan Irman Gusman nantinya akan digerai di Ruang III (Batik Tokoh) Museum Batik Nasional. Sebelumnya, sejumlah tokoh nasional telah menyumbangkan batik ke Museum Batik Nasional. Diantaranya Hatta Rajasa yang menyumbangkan batik yang dikenakannya saat menghadiri wisuda anaknya. Diserahkan pada 3 oktober 2012. Selain itu juga mantan Presiden SBY beserta Ibu Ani, serta mantan Wakil Presiden Boediono beserta Ibu Herawati.

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style