Wednesday, April 22, 2015

Jamuan Makan Malam, Warna Batik Xi Kembar dengan Jokowi

tokobatikmas.com

Rangkaian acara peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) di tingkat kepala negara terus berlanjut di Jakarta. Usai memimpin sidang pleno KTT Asia Afrika, Presiden Joko Widodo menjadi tuan rumah jamuan makan malam bagi 21 pemimpin negara.
Disiarkan secara langsung dari Istana Merdeka, panitia mengubah area belakang Istana dengan tema pesta kebun. Semua pemimpin negara hadir dengan menggunakan kemeja batik pemberian panitia.
Begitu tiba di Istana Merdeka, para pemimpin negara langsung disambut oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana.
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengenakan kemeja batik berwarna biru. Sementara itu, Ibu Iriana terlihat anggun mengenakan kemeja warna merah dan pasmina batik. Rambutnya pun disanggul.
Namun, ada satu hal yang unik dan begitu mencolok ketika Presiden Tiongkok, Xi Jinping dan istrinya, Peng Liyuan tiba di Istana Merdeka. Xi mengenakan warna batik yang sama persis dengan Jokowi. Sementara itu, Peng mengenakan pakaian khas Tiongkok, cheongsam berwarna hijau dipadu putih dan blazer panjang warna hitam.
Kesamaan warna kemeja batik ini seolah menggambarkan kualitas hubungan negara saat ini. Bahkan, ketika mengantar para kepala negara hingga ke lokasi jamuan, Xi terlihat menempel dengan Jokowi.
Sementara itu Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe tiba lebih awal dibandingkan Xi. Dia mengenakan kemeja batik abu-abu.
Posisi duduk Xi dengan Abe saat makan malam pun sejajar serta berada di samping kanan dan kiri Jokowi. Beberapa menu makan malam yang disajikan untuk kepala negara antara lain soto Lamongan, sate sapi Jawa Barat, dan kue Surabi Bandung.
Sembari menyantap makan malam, para pemimpin negara dihibur dengan penampilan musik tradisional keroncong Tugu. Salah satu penampil lagu itu antara lain Sundari Sukoco.
Pertemuan tingkat kepala negara KAA masih terus berlanjut hingga Kamis esok.

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style