Monday, April 20, 2015

Desain Motif Batik Harus Multifungsi

tokobatikmas.com

Saat ini, berbusana batik tidaklah seperti pada zaman dahulu. Berbusana batik kini tak harus mengikuti aturan-aturan pemakaian. Kini, seiring perkembangan zaman, Batik mulai berkembang pesat.
Baik dari beragam desai motifnya maupaun lebih bebas dikreasikan dalam bentuk apa pun. Batik tak hanya bisa dijadikan busana untuk kondangan, namun juga dapat dipakai sehari-hari maupun pada saat bepergian.
Desainer / Koordinator Fashion Merchandiser Pasaraya Sri Ratu, Elkana Gunawan dalam talkshow dan fashion show “Aku Cinta Batik Indonesia” di Pasaraya Sri Ratu Semarang, baru-baru ini.
Elkana mengatakan saat ini perkembangan batik tampak banyak sekali perbedaannya dibanding zaman dahulu. Seiring dengan inovasi para perajin, desain motif batik lebih beragam. Keberagaman tersebut tak hanya terlihat dari motifnya namun juga dari segi pewarnaan.
” Batik sekarang ini seperti aliran dalam karya seni, ada yang masih mengusung motif Pakem seperti Truntum, Kawung maupun corak Cirebonan namun banyak pula yang sudah menginovasikan dengan motif modern maupun campuran antara tradisi dan kontemporer. Apapun desain motif batik yang terpenting adalah kain batik tersebut harus sesuai dengan peruntukan dan fungsionalnya”,
Elkana menjelaskan saat ini banyak motif batik bagus yang diciptakan perajin namun belum tentu cocok untuk diaplikasikan dalam desain sebuah busana. Ia tak menampik kerap menemui bahan kain batik yang sangat cantik namun sulit untuk menerapkannnya dalam desain busana yang ia buat karena motifnya yang terlalu besar-besar dan tak beraturan misalnya.
” Kalau melihat inovasi desain motif batik saat ini banyak yang bagus, namun perajin banyak yang yang membuat desain cantik namun kurang memperhatikan fungsi kedepan dari karyanya tersebut cocok untuk kemeja, gaun atau yang lainnya. Seorang perajin tidak hanya wajib mempunyai kreatifitas terhadap penciptaan motif namun juga mampu menyesuaikan motif tersebut sesuai kegunaan bahan batik kedepannya. Sehingga pembeli juga tidak sekedar membeli batik namun juga mampu menerapkan dalam busananya sehingga terlihat klop”,
Untuk mengedukasi perajin dan masyarakat akan pentingnya menyesuaikan motif batik dengan rancangan busana yang akan diterapkannya, saat ini Elkana mengaku banyak para desainer yang terjun langsung memberikan workshop sehingga perajin mampu menerapkan motif dengan seksama.
” Letak motif jangan asal gambar. Namun mereka juga harus mampu melakukan sebuah perencanaan motif batik yang indah sesuai dengan peruntukan desain buasana apa yang cocok. Masyarakat juga akan mendapat pencerahan bagi perajin sehingga tidak mubadzir saat membeli batik,”

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style