Sunday, May 11, 2014

Menghiasi Petik Laut dengan Aneka Motif Batik



Beberapa hari sebelum melaksanakan Petik Laut, para nelayan di desa Padelegan, Pademawu, Pamekasan, Madura mempercantik perahunya. Umumnya, mereka mengecat kembali perahu dengan aneka lukisan dan motif batik Khas Madura.

Seperti tampak pada foto, para nelayan memilih mengecat lambung perahu yang sehari-hari digunakan mencari ikan di laut itu dengan motif-motif batik seperti berbagai hewan laut, tumbuhan laut serta satwa di pantai. Beberapa dipadukan dengan ragam lukisan.

Seperti kain batik khas Madura, mereka umumnya juga memilih memberikan warna-warni pada perahunya itu. Warna yang menjadi favorit antara lain adalah paduan hitam, hijau, merah dan putih. Beberapa lainnya menggunakan warna coklat dan biru.

Perahu-perahu yang sudah dipercantik inilah yang akan mengikuti kegiatan Petik Laut, yaitu upacara yang bertujuan menyampaikan rasa syukur atas rejeki yang diperoleh dari laut selama ini. Biasanya, sebuah sesaji yang ditempat pada perahu kecil diarak ramai-ramai untuk dibawa ke tengah laut.


Sumber : batikpos.com / foto : antarafoto 

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style