Friday, May 30, 2014

Museum Batik Pekalongan : Belajar Mencintai Budaya Bangsa



“Kota Batik di Pekalongan Bukan Jogja Bukan Solo”
Pernah dengar lagu slank yang itu kan?  Yuppp emang bener, Pekalongan emang adalah satu sentra batik di Indonesia. Kalau kamu jalan-jalan ke Pekalongan kamu bakalan dengan mudah nemuin toko-toko  dan pusat penjualan batik yang besar. Bahkan kawasan kampung wisata Batik pun kini menjadi daya tarik sendiri disana. Kamu bisa melihat proses bagaimana batik itu bisa menjadi sebuah kain yang indah. Harga batik di Pekalongan cenderung lebih murah dibandingkan di kota lain seperti Jogja dan Solo. Bahkan beberapa penjual batik yang ada di Malioboro Jogja juga banyak menjual batik hasil produksi Pekalongan.

Tapi kalau kamu pengen tau sejarah tentang batik. Disinilah tempatnya, Museum Batik Pekalongan. Tempat ini berada di Jalana Jetayu no.1 yang dulunya adalah Kantor Balaikota Pekalongan pada masa penjajahan Belanda. Gedung ini berada didekat sungai Loji dimana beberapa gedung kuno lainnya juga ada disini seperti Kantor Pos Besar Pekalongan. Dikawasan ini kita juga bisa melihat simbol keharmonisan antar umat beragama yang bisa dilihat dari dengan berdirinya masjid, gereja dan tempat ibadah umat Tridarma yang saling berdekatan.

Koleksi museum ini terbilang cukup lengkap. Mulai dari batik yang dibuat pada masa penjajahan Belanda dan juga batik yang dibuat pada masa perang Jepang yang dinamai batik Hokokai. Keduanya punya motif yang sangat khas. Selain itu museum ini masih menyimpan batik kuno yang telah berusia ratusan tahun. Batik dari luar jawa pun bisa kamu liat koleksinya disini. Bukan cuma batik aja, museum ini juga mempunyai koleksi kabaya encim yang dulu dipakai oleh para wanita Tionghoa yang banyak tinggal Pekalongan.

Untuk para traveler sejati yang merasa mencintai budaya Indonesia. Silahkan deh datang ke Museum ini. Semoga setelah datang ke museum ini kecintaan kita terhadap Indonesia semakin besar dan kita bisa menjaga warisan dari nenek moyang kita ini.


Sumber : jatengnews.com

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style