Monday, May 19, 2014

Nyanyi di Luar Negeri, Wali Band Pakai Batik



Penetapan Hari Batik Nasional (HBN) sejak 2 Oktober 2009 setiap tahun menjadi tonggak awal untuk menjaga kekayaan kebudayaan bangsa. Grup band Wali pun ikut bangga, menjadi bagian dari masyarakat Indonesia yang ikut menjaga kebudayaan yang sempat diklaim oleh bangsa lain itu.

Wali tidak ingin batik diakui oleh negara lain, seperti nasib lagu-lagunya yang dibajak oleh bangsa lain pula. Butuh dukungan semua pihak untuk memperjuangkan kekayaan budaya bangsa dan kekayaan karya intelektual bangsa ini.


"Pasti mau tahu kan bangganya seperti apa. Bangganya merasa kayak waktu lagu kami dibajak sama orang lain dan yang bela orang Indonesia. Maka dari itu kami pakai batik bangga juga," ujar Apoy di Studio Dahsyat, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (2/10/2012).

Rasa bangga itu membuat mereka tidak ragu tampil di luar negeri. Apoy, Faank, Ovie dan Tommy mengenakan batik selama tampil. Menurut mereka itu salah satu cara untuk membuktikan bahwa batik adalah milik Indonesia.

"Kalau pakai batik itu merasa jadi diri sendiri, karena batik kan milik Indonesia dan Indonesia milik batik. Jadi batik bukan punya orang lain. Kita yang harus pakai. Kalau ada even tertentu dan memang harus pakai batik saya juga senang, apalagi di luar negeri orang-orang lihat dan diakuinya, senang minta ampun," pungkas Apoy.


Sumber : kapanlagi.com

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style