Friday, February 27, 2015

Naga Raksasa Motif Batik Bakal Meriahkan PBTY

tokobatikmas.com

Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) kembali digelar. Festival kesepuluh kali ini akan dimeriahkan naga bermotif batik sepanjang 168 meter.
Desain batik yang dipilih adalah parang dan truntung. Properti ukuran raksasa itu bakal diarak di sepanjang kawasan Malioboro pada tanggal 1 Maret mendatang. Tampilnya naga ini sesuai dengan tema PBTY yakni “merajut budaya merenda kebersamaan”.
Ketua pantia PBTY, Tri Kirana Haryadi mengatakan naga motif batik baru pertama kali ditampilkan dalam ajang ini. Tahun sebelumnya, panitia membuat naga sepanjang 134 meter yang dibakar dan dilarung di Pantai Parangtritis.
“Kami ingin sesuatu yang berbeda. Kali ini dibuat naga dengan ukuran panjang 168 meter yang diharapkan bisa memecahkan rekor MURI,” kata Tri Kirana.
Pembuatan properti ini memakan waktu hampir dua bulan, dengan biaya kurang lebih Rp 100 juta. Naga batik yang merupakan cerminan akulturasi budaya itu akan diusung oleh 250 personel TNI AU.
Karnaval pembukaan PBTY ke-10 nantinya dimulai dari Taman Abu Bakar Ali melewati jalan Malioboro dan berakhir di titik nol kilometer. Pawai ini akan melibatkan sekitar seribu peserta.
Selain naga motif batik, akan ditampilkan pula naga hitam

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style