Tuesday, February 3, 2015

Sentra Batik Tegal Perlu Didongkrak

tokobatikmas.com

Sentra industri batik yang tersebar di sejumlah kelurahan di Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal perlu terus didongkrak. Hal itu dimaksudkan agar usaha tradisional yang digeluti oleh masyarakat itu terus berkembang dan bisa bersaing dengan daerah lain.
Sekretaris Komisi II DPRD, Hendria Priatman mengatakan, Pemkot perlu memberikan perhatian serius terhadap sentra industri batik. Antara lain, dengan memberikan pembinaan, pendampingan serta membantu pemasaran ke luar daerah. “Dengan upaya tersebut diharapkan Batik Tegal bisa semakin dikenal dan maju,” katanya.
Ketua Komisi II DPRD, Tuty Alawiyah menambahkan, terkait masalah tersebut pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan tinjauan lapangan ke sentra-sentra  industri batik. Tujuannya, untuk mengetahui secara persis tentang kondisi yang selama ini dihadapi para pembatik dalam rangka memajukan industri batik.
Kepala Disperindagkop UMKM, Chairul Huda mengatakan, untuk potensi bati di Kota Tegal ada batik tulis, batik cap dan dan batik kombinasi. Sentra industri batik antara lain, di Kelurahan Bandung, Tunon, Keturen dan Debong Tengah Kecamatan Tegal
Selatan. “Jumlah pembatik sekitar 130 orang dengan omset Rp 3.188.639.000/tahun,” katanya.
Menurut dia, potensi paling baik batik tulis. Untuk membantu pemasaran pihaknya melakukan promosi setiap tahun, baik di lokal maupun luar daerah. Selain itu, melakukan pendapingan serta pembinaan.

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style