Wednesday, February 25, 2015

Puluhan Siswa SD Belajar Membatik di Museum

tokobatikmas.com

Siapa bilang belajar membatik cuma bisa dilakukan orang dewasa? sekitar 50 siswa SDN Sekaran, Gunungpati, memperoleh kesempatan untuk belajar mbathik di Museum Jawa Tengah Ranggawarsita, Semarang. Program yang diberi nama “Mbathik Museum” ini bertujuan memperkenalkan warisan budaya tak benda (intangible heritage) kepada generasi muda. Sebab, bagi anak-anak, membatik bisa menjadi hal yang menyenangkan. Mereka bisa bermain melukis batik sekaligus belajar.
Sekitar pukul 11.00 WIB, pelatihan pun dimulai. Sebelumnya, para siswa memperoleh arahan terlebih dahulu mengenai peralatan dan cara menggambar batik menggunakan canting. Mereka diberi kebebasan untuk menggambar pola apapun sebelum nantinya dilukis dengan canting. Kreativitas mereka nampak terlihat lewat goresan-goresan tangan mereka yang membentuk gambar bunga, perahu, dan lainnya.
Salah seorang siswa, Lukman, mengaku, ini adalah pengalaman pertamanya belajar membatik di museum. Dia pun mengaku senang dengan kegiatan ini.
Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih dua jam ini memantik antusiasme tersendiri di diri siswa. “Anak-anak sangat antusias, mereka senang bisa belajar membatik di museum,” tutur Atika Kurnia Putri, edukator Museum Jawa Tengah Ranggawarsita,

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style