Saturday, February 22, 2014

Batik Motif China Peranakan Ikut Meramaikan Pameran

Berbagai jenis kain batik, termasuk batik motif China Peranakan hadir dalam Pameran  Kain Tradisional Unggulan Nusantara 2014, Adi Wastra Nusantara di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (19/2/14).

Pada pameran bertajuk "Kreasi Tanpa Batas dalam Serat dan Corak" itu menampilkan batik khas dari berbagai wilayah di Indonesia.


Menurut kolektor batik dari Kencana Ungu, Hartono Sumarsono, batik China Peranakan merupakan batik yang dipengaruhi budaya China yang telah berasimilasi dengan budaya Indonesia. Batik ini banyak ditemukan pada batik Pekalongan, Jawa Tengah.

"Batik nusantara juga tak lepas dari pengaruh kebudayaan suku  Tionghoa, seperti batik peranakan," ujarnya kepada Jia Xiang Hometown.

Hartono menambahkan bahwa batik China Peranakan dicirikan dengan dengan warna dan motif yang lebih didominasi oleh motif hewan mitologi atau tumbuhan yang bercirikhas Tinghoanya. Misalnya gambar naga, kilin, burung hong dan bunga teratai.

"Di ajang ini saya ingin memamerkan batik China Peranakan supaya makin dikenal oleh masyarakat dan tetap lestari,” kata Hartono.

Pameran kain tradisional unggulan itu akan berlangsung hingga 23 Februari 2014.


Sumber://jia-xian.biz

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style