Wednesday, February 5, 2014

Kumpulan Motif Batik Indonesia

Batik merupakan busana sekaligus ciri khas bangsa Indonesia. Jika diperhatikan secara sekilas, mungkin batik akan terlihat sama yaitu dengan motif atau corak lukisan yang memenuhi seluruh bagian baju. Namun faktanya batik memiliki berbagai macam motif di seluruh Nusantara, tergantung dari daerah mana batik itu berasal. Untuk mengenal lebih jauh, mari kita simak beberapa motif batik di bawah ini. 

Motif Batik Nusantara Pekalongan

Motif batik Pekalongan termasuk batik pesisir yang paling kaya akan warna, ragam hiasnya biasanya bersifat naturalis. Batik dari Pekalongan memiliki motif yang di pengaruhi oleh pendatang keturunan China dan Belanda. Yang terkenal dari Pekalongan adalah motif Jlamprang.

Motif Batik Nusantara Tegal. 

Motif batik tegal memiliki motif yang berwarna-warni dan biasanya didominasi oleh warna biru atau coklat. Motif batik tegal memiliki ciri khas khusus yang tidak dimiliki oleh daerah lain, dan dipengaruhi oleh kebudayaan Surakarta. 

Motif Batik Nusantara Madura. 

Motif Batik Madura biasanya terdiri dari warna yang mencolok, dan memilih ragam berbeda berdasarkan kebudayaan masyarakat madura dalam kehidupan sehari-hari. Motif batik madura terbilang unik karena disesuaikan dengan warna alami dan keadaan alam sekitar.

Motif Batik Nusantara Siduarjo.

Motif batik Siduarjo terdiri dari berbagai motif yaitu krubutan, ijo-ijoan, dan beberapa motif hewan seperti buruk merak. 

Motif Batik Nusantara Tuban.

Motif batik Tuban memiliki keunikan tersendiri dalam proses pembuatannya. Berbeda dengan proses pembuatan batik jenis lain, batik tuban terlebih dahulu di awali dengan gulungan kapas yang dipintal dan ditenun sebelum dilakukan proses selanjutnya. 

Motif Batik Nusantara Banyuwangi.

Motif batik banyuwangi identik dengan pengambaran daerah dan kekayaan lingkungan sekitar. Motif batik tegal memiliki lebih dari 21 jenis motif berbeda dan sudah diakui sebagai penghasil batik asli di Nusantara.

Motif Batik Nusantara Mojokerto.

Motif batik Mojokerto memiliki sejarah yang sangat panjang di mulai dari jaman kerajaan Maja Pahit. Salah satu jenis motif yang paling terkenal dari batik Mojokerto adalah motif pring sedapur.

Sebenarnya masih banyak lagi beberapa Motif Batik Nusantara yang lain. Namun beberapa motif di atas adalah yang paling populer dan banyak diminati saat ini.  Nah, semoga beberapa motif batik yang dipaparkan di atas bisa memberikan manfaat bagi pengetahuan anda. Sebagai masyarakat Indonesia, sudah sepatutnya kita mengenal dan mengetahui berbagai jenis motif batik yang ada di Nusantara.

Sumber: http://kabarinfoterbaru.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style