Saturday, February 1, 2014

Memanfaatkan Limbah Batik


Batik Indonesia sudah terkenal di mancanegara melalui bidang kesenian dan pariwisata, beberapa tokoh dunia memakai batik untuk acara formal maupun non formal. Pembuatan batik tak lepas dari para pengusaha batik yang terus melakukan kreasi dan inovasi. Seiring banyaknya permintaan Batik, para pengusaha Batik berusaha memenuhi pasar. Namun hal itu tak lepas dari limbah Batik yang menumpuk tak terpakai.

Limbah Batik berupa perca atau potongan kain Batik ternyata bisa menjadi aksesori etnik dan cantik. Tidak perlu keterampilan khusus, jika Anda bersemangat dan senang berkreasi, maka aksesori pasti dapat dibuat dalam satu hari.

Hal ini bisa di manfaatkan untuk membuka lapangan kerja dan mencoba berwirausaha lewat aksesori Batik. Jika Anda memang menyukai aksesori Batik, mengapa tidak mencoba membuatnya sendiri? Selain mengasah kreatifitas juga bisa mengisi waktu luang yang menyenangkan. Beberapa tips ini mungkin bisa menjadi inspirasi, Ikuti step by step dan, ciptakan aksesori batik yang bisa jadi dapat Anda jual, untuk cenderamata, atau untuk hadiah bagi orang tercinta. Selamat berkreasi.


Membuat Bando Batik., cara membuatnya adalah :
Bahan :
1. Bando Polos
2. Kain Batik
3. Gunting
4. Kain Flanel ( Untuk alas )

Langkah - Langkahnya :
Untuk bunganya
1. Potong kain Batik ukuran L 15 cm dan P 60 cm
2. Jahit membentuk persegi panjang
3. Lalu potong lingkaran di kain flannel.
4. Lingkarkan jahitan di tengah kain Batik tersebut  pada kain Flanel, lalu tata kain Batik sehingga membentuk bunga mawar
5. Jika suka bisa tambahkan hiasan ditengahnya misalnya dengan motif polkadot.

Untuk Bandonya
1. Potong kain Batik ukuran 1 cm memanjang
2. Balut bando polos dengan kain Batik
3. Pasangkan hiasan bunga Batik dengan lem di sisi kanan / kiri sesuai selera anda.

“SELAMAT MENCOBA”
 
  

Sumber:/tyasdwiutamiasih.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style