Sunday, January 4, 2015

Kembangkan Batik Karakter



Mendapat mandat langsung dari Dirjen Dikti No.363/E/T/2011, Universitas Pekalongan (Unikal) akhirnya membuka Fakultas Batik, Program Studi DIII Teknologi Batik. “Mulanya, ketika batik ditetapkan warisan budaya tak benda Indonesia oleh UNESCO. harus ada kesinambungan, agar ada generasi baru yang mempelajari batik. Sementara batik di Indonesia itu dipelajari secara turun temurun,” ujar Kaprodi DIII Teknologi Batik, Muhtadin ST.
UNESCO pun menyarankan harus ada lembaga khusus yang mempelajari batik secara keilmuan agar batik tidak terputus pada generasi tertentu. Sehingga Fakultas Batik Prodi Teknologi Batik ini merupakan satu-satunya Fakultas Batik yang mendapat mandat langsung dari Dirjen Dikti.
Diungkapkan Muhtadin, materi yang diajarkan oleh Prodi Teknologi batik ini mengarah kepada Batik budaya seperti yang diharapkan oleh UNESCO. Prodi ini mengajarkan batik dari segi keindahan. Ada dua sisi keindahan yang diajarkan yaitu keindahan visual dan filosofis. “Keindahan filosofisnya, sentuhan budaya batik yang lebih mendalam,”.
Sedangkan keindahan visual adalah keindahan yang ditangkap oleh mata, seperti desain fisik dan pewarnaan. selain itu diajarkan pula materi pendukung diantaranya marketing dan pengolahan limbah. “Batik budaya dengan berpegang teguh pada ramah lingkungan,”
Selain itu, ada tiga hal yang diajarkan pada prodi ini. Yaitu mahasiswa mempelajari batik secara teori, dari teori tersebut mahasiswa mempelajari formula optimalnya di Laboratorium. Terakhir adalah mengaplikasikan materi dalam bentuk kain batik. pengaplikasian materi tersebut dilakukan melalui workshop. Workshop  dilakukan di ruangan Workshop Batik dan tidak boleh dibawa pulang. Terakhir adalah menampilkan hasil karya mahasiswa ke Showroom Batik.
Setiap akhir semester diadakan pameran batik hasil karya siswa. “Kita menargetkan, mahasiswa dalam satu semester itu harus keluar satu produk batik. Kita juga mengarahkan batik karakter diri

No comments:

Post a Comment

Be Someone Who Seeks Comfort And Style